Sekarang Jamannya Era Digital bersama DomaiNesia




Anak-anak jaman now sudah gak asing lagi dengan dunia digital, internet sepertinya bukan hanya menjadi gaya hidup tapi sudah menjadi kebutuhan. Kalau dulu, kebutuhan primer hanya terdiri dari sandang, pangan dan papan, mungkin sekarang sudah harus ditambah dengan internet. Buktinya, kita bisa melihat bagaimana paniknya seseorang saat mengetahui paket datanya sudah limit, ya... macam mbak-mbak gemes yang lupa pakek gincu saat mau pergi kondangan.

Di era modern sekarang ini, hal yang berbau digital dan media sosial jadi senjata ampuh, entah untuk sekadar have fun, mencari sensasi atau mencari materi (uang) seperti menjadi yutuber, selebgram atau yang lainnya.

Berdasarkan laporan digital tahunan yang dikeluarkan oleh We Are Social dan Hootsuite, pertumbuhan sosial media tahun ini mencapai 13 persen dengan jumlah pengguna total mencapai 3 miliar.

Dari angka tersebut, penggunaan Facebook masih mendominasi. Tahun ini, pengguna aktif Facebook tercatat menguasai dua pertiga pasar dengan jumlah pengguna lebih dari 2,17 miliar. Naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Hingga bulan Januari lalu di tahun ini 2018, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia mencapai 130 juta akun dengan persentase enam persen dari keseluruhan pengguna.

Bicara tentang media sosial, rasanya di era digital saat ini mustahil untuk tidak mempunyai satu pun akun media sosial. Dari mereka yang tinggal di pedesaan sampai mereka yang tinggal di apartemen pasti banyak yang mempunyai akun media sosial. Tak heran jika nama Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna Facebook paling banyak. Di desa saya (menurut pengamatan saya sendiri), pengguna media sosial khususnya facebook begitu menjamur. Dari mereka yang masih anak ingusan sampai mereka yang sudah emak-emak tua, sudah mempunyai akun facebook dan selalu eksis di media sosial entah itu menulis status atau posting foto-foto ndak jelas .

Dulu saya pertama kali membuat akun facebook sekitar tahun 2009, waktu itu saya masih unyu-unyunya SMU. Pengguna facebook di daerah saya pun masih sedikit, lha wong jaman dulu jaringan internetnya masih E (edge) belum ada 4G. Hape pun masih java dan symbian belum ada smartphone seperti sekarang ini.

Sebelum mengenal facebook, saya lebih dulu akrab dengan friendster, mxit, mig33. Tapi lebih sering chating di migg33 sih hhee.. kalian ndak kenal mig33?? Berarti kalian pengguna internet jaman now dan kalian gak bakalan bisa ngrasain serunya chating di mig33 hhe.

Kemajuan teknologi sekarang ini menggantikan friendster, mxit, mig33 dan kawan-kawannya. Sekarang ini sudah jamannya facebook, twitter, instagram, G+ dan lain-lainnya. Bahkan di era digital saat ini hanya dengan berbekal sebuah ponsel pintar kita bisa membeli makanan favorit dengan menggunakan jasa go-food atau go-jek yang siap antar 24 jam, ingin bepergian bisa pesan ojek online. Mau beli pakaian murah dan lengkap bisa membelinya di bukalapak.com atau shopee.com . Mau bayar tagihan listrik atau bayar cicilan rumah juga bisa lewat hape pinter. Ah pokoknya jaman sekarang semua serba mudah dan gampang yang sulit itu mendapatkan hatimu Dek.. Bahkan jika sampeyan masih jomblo dan butuh pasangan, bisa mencarinya di web jodoh. Misalnya di ayonikah.com, ya barangkali jodohmu nyasar disitu.

Tak hanya itu saja di era digital seperti sekarang ini kita dengan sangat mudah mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan. Satu hal yang harus kita sadari bersama bahwa jika kita tidak bijak dalam menyikapi derasnya arus informasi yang bertebaran di era digital ini maka bisa saja akan membawa kerugian bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Kebanyakan orang malas membaca isi berita karena kebanyakan dari mereka hanya membaca judul berita lalu kemudian menshare berita itu dengan sangat mudah, sebenarnya itu adalah hal yang tidak bijak karena belum tentu judul berita akan sesuai dengan isi berita tersebut. Ada baiknya sebelum menshare suatu berita kita baca dengan cermat dulu isi berita itu dan pastikan berita tersebut tidak ada unsur kepentingan yang bisa merugikan beberapa pihak dan menguntungkan pihak lain.

Internet tak hanya memberikan pengaruh kepada segala kemudahan, tetapi nyatanya internet dengan keberadaan digital media didalamnya juga memberikan kesempatan untuk kaum millennial atau anak jaman now mendapatkan penghasilan sampingan. Seperti menjadi graphic designer, freelance writer atau penulis lepas, blogger / vlogger, Web developer dan lain-lainnya. Jika sampeyan punya hobi kenapa gak di manfaatkan di internet?? Misalnya, bagi sampeyan yang hobi bernyanyi atau bermain musik bisa membuat video dan upload di youtube. Inget ya, bukan video bokep hhaa. Semakin banyak view dan subscribenya kalian bisa memasangi iklan dan dapat uang. Kan lumayan.. Atau yang hobi nulis entah itu puisi, curhat atau opini bisa membuat sebuah blog sebagai tempat kalian corat-coret dan curhat di dunia maya. Kan sayang kalau cuman nulis panjang lebar cuman buat update status. Mendingan kalian nulis di blog dan jadi blogger, selain terlihat lebih keren dan mbois, dunia blogger itu mengasyikan. Bisa dapat ilmu, teman dan dapat uang lho gaes. Tapi inget, semua butuh proses!!

Meskipun punya blog KENTHUS.WEB.ID tapi saya bukan seorang blogger, lha wong nulis aja masih acak-acakan kog. Saya lebih suka kamu dek, eh maksudku saya lebih suka membuat website. Ngutak-atik 'kode'. Dan itu menurut saya mengasyikan. Selain nambah ilmu bisa jadi kerja sampingan. Bahkan jika sampeyan mempunyai skill hebat dan menguasai bahasa pemograman website kalian bisa jadi ora kaya gaes.. Karena di era digital seperti sekarang ini jasa pembuatan website atau web developer mahal banget. Jasa pembuatan website bisa sampai 5juta persatu website. Bahkan ada yang lebih mahal, tergantung dari website itu sendiri.

Bingung bagaimana membuat blog/website sendiri?? Pakai yang gratisan dulu di blogspot atau wordpress. Jika sudah paham dan ingin merubah domain / nama blogmu bisa membeli di penyedia layanan domain dam web hosting indonesia. Saran saya silahkan beli di DOMAINESIA.COM. Selain harganya murah, layanan supportnya juga bagus dan fast respon. Untuk domain sudah lengkap, mulai dari .com sampai .id dan harganya cukup terjangkau. Misalnya domain .com sekarang ini dihargai dengan 99ribu setahun lho gaes..murah kan?? Untuk harga hostingnya juga cukup terjangkau dan berkualitas karena didukung oleh server yang menyebar baik di dalam dan luar negeri seperti USA, Jepang, Singapura.

DomaiNesia rata-rata Uptime Diatas Rata-rata: 99.98%. Artinya dalam 1 bulan server mereka hanya down selama 19 menit 3 detik, mengesankan. Dan rata-rata page load time DomaiNesia adalah 1,043 ms (1 detik).

DomaiNesia ada dari tahun 2009 dan merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, serta layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Domainesia ini juga telah melayani lebih dari 50.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Jadi, kalian gak bakalan nyesel deh.

Ok, cukup sekian dulu ya tulisan dari saya. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan yaa gaess...
Comments
0 Comments

0 Response to "Sekarang Jamannya Era Digital bersama DomaiNesia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel