Trenggalek Itu Mana?

trenggalek itu mana
trenggalek itu mana?




Mungkin masih banyak yang bertanya “Trenggalek Itu mana ??” satu jawaban yang pasti, Trenggalek adalah salah satu bagian dari Indonesia, dan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Jika sampeyan ndak tau Trenggalek berarti dolanmu kurang adoh, booooss.


Trenggalek adalah kota kecil yang ada di selatan pulau jawa, dengan pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Trenggalek yang berjarak sekitar 180 km dari Kota Surabaya. Dan saat ini Trenggalek di pimpin oleh Emil Dardak dan Mochamad Nur Arifin. Bupati dan wakil bupati ini dikatakan sebagai yang paling muda se-Indonesia dengan Emil yang masih berusia 31 tahun dan Arifin yang juga tak kalah muda dengan usia 25 tahunnya..sak umuranku :D

Bagaimanakah asal-usul kata Trenggalek itu sendiri? Kata Trenggalek sejauh ini dianggap berasal dari kata “terang” dan “gale”, diartikan sebagai terang ing galih. Trenggalek dianggap sebagai daerah yang memperoleh karunia melalui hati yang jernih. Menurut manuskrip Kraton Kasunanan Surakarta, kata Trenggalek secara sederhana ialah kota gaplek.Daerah penghasil gaplek. Nama itu sudah muncul pada zaman Raja Mataram sebelum Mpu Sindok, yaitu Rakai Dyah Wawa (924-928).

Asal-usul kata Trenggalek yang lain diperoleh melalui cerita tutur. Pertama, cerita tutur ketika Penembahan Batoro Katong menjadi Adipati Ponorogo pada 1489-1532, juga menyebutkan Trenggalek sebagai daerah penghasil gaplek. Dikisahkan, Menak Sopal(tokoh Agama Islam di Trenggalek pada zaman Kerajaan Pajang dipimpin Sultan Hadiwijoyo) melakukan kesalahan dan mendapat hukuman agar bermukim di daerah penghasil gaplek mengabdi pada Ki Ageng Joko Lengkoro di daerah Bagong Kecamatan Ngantru Trenggalek kota sekarang. Kedua , versi lain mengenai asal-usul kota Trenggalek diperoleh dari cerita tutur dari pinisepuh yang tinggal di Trenggalek. Menurut pinisepuh tersebut, kata Trenggalek berasal dari kata “sugal” yang berarti kasar dan “elek” yang berarti jelek (kurang baik). Sugal-elek menghasilkan kata galek; yang berkonotasi masyarakat Trenggalek suka berperilaku “kurang baik” atau jelek. Sejak zaman raja-raja, Trenggalek ialah bagian dari Wengker bagian Timur, yang terkenal sebagai tempat para pertapa, dan kumpulan black magic. Daerah Kampak, Munjungan, Panggul, Prigi, Bendungan dianggap representasi makna tersebut walaupun sekarang mengalami penurunan makna.

Secara Geografis Kabupaten Trenggalek terletak di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo, sebelah timur Kabupaten Tulungagung, sebelah barat Kabupaten Pacitan dan sebelah selatan dengan Samudera Hindia.
Ojo salah reek..meskipun Trenggalek merupakan kabupaten yang kecil dan banyak pegunungannya, akan tetapi kaya akan pariwisata mulai dari goa, pantai, dan pegunungan yang asri. Terutama pantai merupakan pariwisata yang terkenal dari Trenggalek, karena Trenggalek berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga pantai di Trenggalek masih banyak yang belum terjamah khalayak ramai. Terdapat berbagai jenis pantai di Trenggalek antara lain Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Pelang, Pantai Blado, dan Pantai Ngampiran.

Trenggalek juga mempunyai goa terpanjang seAsia Tenggara looh, namanya Goa Lawa (goa lowo). Kata Lowo merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya kelelawar. Konon katanya, gua ini ditemukan pertama kali oleh seorang pertapa bernama Mbah Lomedjo. Ketika pertama kali menemukan lokasi gua, beliau melihat banyak sekali kelelawar yang memenuhi gua. Akhirnya inilah yang menjadi cikal bakal pemberian nama gua Lowo yang berarti gua kelelawar.


Memang soal wisata Kota Trenggalek tempatnya. Belakangan ini banyak penemuan obyek-obyek wisata baru di Kota Gaplek ini. Seperti BANYU LUMUT yang ada Kecamatan Bendungan, JURUG MENJALIN dan AIR TERJUN EMBUNG yang ada di Kecamatan Pule, NEGERI ATAS AWAN - BANYON yang ada di Kecamatan Gandusari, dan masih banyak lainnya..kesel rek nek tak sebutno siji-siji..


Gimana, penasaran dengan Kota Trenggalek dan tempat-tempat indah yang ada disana? Jangan ragu dan malu silahkan datang langsung ke Kota Trenggalek dijamin sampeyan pasti betah. Jika bingung arah jalan, gunakan Google Map:D


Sekian tulisan dari saya, matur suwun.. :)



0 Response to "Trenggalek Itu Mana?"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel